Rabu, 19 Juni 2013

Empat Skill Dalam Belajar Pendidikan Bahasa Inggris

Empat Skill Dalam Belajar Pendidikan Bahasa Inggris -  kali ini saya ingin membahas tentang empat skill dalam belajar pendidikan bahasa Inggris.
Empat Skill Dalam Belajar Pendidikan Bahasa Inggris
Nah sekarang sedikit ulasan tentang ke-4 skill tersebut.
Yang pertama, Writing ( Menulis ).

Writing merupakan salah satu aktivitas seseorang untuk mencurahkan seluruh ( Mungkin juga tidak semuanya ) isi hati dan pikirannya yang tertuang ke dalam bentuk tulisan baik itu di kertas, kayu, tembok, atau bahkan ada juga yang suka menulis pada pohon terutama pohon - pohon besar. Dan hal ini terjadi karena adanya suatu ide dalam otaknya untuk dicurahkan kedalam bentuk tulisan.
Untuk bisa menghasilkan karya tulis yang baik, secara otomatis sang penulis harus tetap menjaga aturan - aturan yang ada tentang menulis yang baik. Karena, apalah artinya menulis bila kualitas tulisan yang kita tulis sangant rendah. Mungkin orang lain juga tidak mau membaca karya tulisan kita, atau bahkan melihatnya tidak mau.
Writing ( Menulis ) dalam pendidikan bahasa Inggris. Sangat penting sekali seorang guru pendidikan bahasa Inggris mengajarkan materi yang satu ini. Karena, mungkin semua orang akan mengalami kesulitan dalam menulis suatu karangan yang dalam bahasa Inggris. Dan hal ini terjadi dikarenakan minimnya skill mereka dalam menulis serta pengetahuan mereka tentang aturan - aturan dalam menulis. Aturan tersebut meliputi Grammar, Vocabulary, dan Tenses. Ketiga aturan itu harus sudah dimiliki oleh seorang penulis karena dengan ketiga aturan itulah seseorang akan menghasilkan karya tulis yang sangat baik dan juga dimengerti oleh orang banyak.
Yang kedua, Listening ( Mendengarkan ).
Materi Listening ini juga tak kalah penting dengan materi - materi lainnya, karena kemampuan mendengarkan kita dalam percakapan bahasa Inggris haruslah peka dan cepat tanggap. Apabila seseorang sudah bisa mendengarkan dengan peka pada percakapan bahasa Inggris, maka orang tersebut akan terbiasa pada saat mengobrol dengan orang asing.
Cara untuk meningkatkan kualitas kemampuan Listening kita ialah perbanyak mendengarkan rekaman percakapan bahasa Inggris atau kalau perlu kita perbanyak nonton film / video yang bersubtitle bahasa Inggris. Agar sedikit lebih melatih listening kita coba film / video yang kita lihat itu jangan pakai tulisan subtitlenya, biarkan saja tanpa subtitle seperti halnya kita nonton film - film sinteron Indonesia. Dengan demikian kita akan terlatih untuk meningkatkan kemampuan kita dalam materi Listening.
Yang ketiga, Reading ( Membaca ).
Inilah aktivitas orang - orang yang ingin mendapatkan banyak informasi, tapi itu sih tergantung apa yang kita baca. Saya sarankan kepada teman - teman semua untuk perbanyak membaca bacaan yang memuat banyak informasi untuk kita, toh kalau kita membaca kita juga tidak bakalan rugi ini kok.
Reading dalam pendidikan bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris, materi membaca biasanya mengkaji tentang Skimming, Scanning, dan Skipping. Itu yang saya ketahui teman. Ketiga hal tersebut sangat penting dalam membaca, terutama untuk mendapatkan titik inti dari teks yang kita baca ( Main idea ).
Dengan skimming kita bisa mendapatkan isi umum atau suatu bagian dalam teks yang kita baca. Membaca layap dibutuhkan untuk mengetahui sudut pandang penulis tentang sesuatu, menemukan pola organisasi paragraf, dan menemukan gagasan umum dengan cepat ( Mikulecky & Jeffries dalam Farida Rahim, 2005 ).
Kemudian dengan scanning kita bisa mendapatkan informasi - informasi yang penting dari teks tersebut secara cepat. Dan menurut pengalaman saya pada saat melakukan scanning kita hanya fokus dengan kata - kata yang terlihat penting.
Kemudian yang terakhir ialah skipping, dengan cara ini seorang pembaca akan mengayunkan matanya dari tulisan / kalimat penting ke kalimat yang bisa di bilang kurang penting. Dan hal ini masih bertujuan untuk mendapatkan info - info penting dari teks yang dibaca.
Yang terakhir ialah Speaking ( Berbicara ).
Speaking ( Berbicara ) merupakan salah satu skill yang harus dikuasai dan benar - benar mampu untuk mempraktekkannya di lapangan dengan orang lain sebagai lawan bicaranya. Dalam pendidikan bahasa Inggris, materi Speaking ini akan diajarkan oleh gurunya dan biasanya guru tersebut menggunakan cara diskusi atau dialog untuk sebagai langkah awal pengajaran. Pada speaking ini seseorang harus benar - benar sudah menguasai pronunciation dengan baik. Pronunciation ini merupakan aturan dalam pengucapan kata dalam bahasa Inggris. Dan apabila orang tersebut sudah mahir pronunciationnya, maka pada saat ia berbicara bahasa Inggris akan sangat jelas dan terdengar profesional pada setiap kata yang diucapkannya.
Begitulah sedikit ulasan tentang 4 skill dalam pendidikan bahasa Inggris, tulisan diatas sebagian besar menurut pemikiran dan pandangan penulis. Jadi, apabila terdapat suatu kesalahan saya mohon maaf dan sudi kiranya teman menambahkan dengan menuliskannya pada kotak komentar dibawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar